Sabtu, 19 Agustus 2017 - 27 Zulqaidah 1438 H

Rupiah Senin Sore Menguat Menjadi Rp13.045

(FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Senin sore bergerak menguat sebesar 36 poin menjadi Rp13.045 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.081 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa dolar AS mengalami koreksi terhadap sejumlah mata uang utama dunia, termasuk rupiah menjelang debat calon presiden Amerika Serikat.

"Investor akan memperhatikan debat antara calon presiden Amerika Serikat, karena kondisi itu dapat menentukan arah investasi," katanya.

Tampaknya, lanjut dia, pelaku pasar lebih cenderung hati-hati dan melirik ke aset mata uang berisiko, mengingat imbal hasil yang ditawarkan masih cukup menarik di tengah kondisi politik Amerika Serikat yang belum menentu.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa sentimen positif dari pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia (7-Day Repo Rate) maupun eforia program amnesti pajak masih cukup kuat menjaga rupiah.

Di sisi lain, lanjut dia, harga minyak mentah dunia yang bergerak menguat pada awal pekan ini (26/9), juga turut berdampak positif bagi mata uang domestik.

Terpantau harga minyak jenis WTI Crude menguat 0,76 persen menjadi 44,82 dolar AS per barel, dan Brent Crude naik 0,74 persen menjadi 46,23 dolar AS per barel.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin ini mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp13.076 dibandingkan hari sebelumnya (23/9) Rp13.098. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga