Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

Dharmasraya Anggarkan Rp4 Miliar Bangun Puskesmas

Ilustrasi puskesmas (Antara)
Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), menyediakan anggaran Rp4 miliar guna membangun pusat kesehatan masyarakat sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

"Puskesmas ini akan dibangun dua lantai, dimana anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia mengatakan Pusat Kesehatan (Puskesmas) yang akan dibangun tersebut berlokasi di Nagari (Desa adat) Gunung Medan, Kecamatan Sitiung.

Ia menyebutkan grand design puskesmas yang direncanakan akan dibangun dua lantai sudah dibuat oleh pihak konsultan perencana yang ditunjuk Dinkes setempat.

"Kami saat ini juga terus berkordinasi dengan wali nagari (kepaala desa adat) dan pemangku kepentingan Nagri Gunung Medan terkait rencana pembangunan tersebut, agar dikemudian hari tidak ada persoalan," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya Puskesmas tersebut mampu memberikan layanan kesehatan yang maksimal serta menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Pemerintah berkewajiban menghadirkan layanan yang layak dan nyaman, sebab mendapatkan elayanan kesehatan adalah hak setiap masyarakat," katanya.

Terkait dengan tenaga medis yang akan bertugas di Puskesmas itu, ia mengatakan saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkannya, termasuk alat kesehatan yang menjadi penunjang Puskemas tersebut.

Menurutnya tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di Puskesmas tersebut harus berintegritas tinggi, dan mampu beradaptasi dengan masyarakat setempat.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Nagari Gunung Medan, M. Sunir menyampaikan masyarakat setempat siap mendukung pembangunan Puskesmas tersebut untuk kemajuan Kabupaten Dharmasraya.

"Kami atas nama masrayakat sangat mendukung. Di samping itu kami juga berharap akan banyak lagi alokasi pembangunan di Kecamatan Sitiung ini, khusunya Nagari Gunung Medan," ujarnya. (*)














Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga