Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Bulog Distribusikan Bawang Merah Sumbar ke Riau

Kepala Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Perum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sumatera Barat mendistribusikan lima ton bawang merah yang diserap dari petani Alahan Panjang, Kabupaten Solok, ke Pekan Baru, Riau.

"Bawang tersebut untuk mendukung Gerakan Stabilitas Pangan di Riau," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumbar Benhur Ngkaimi di Padang, Senin.

Menurutnya bawang merah yang dikirim itu setengah dari serapan bawang merah yang dilakukan Bulog Sumbar dalam seminggu terakhir.

"Kami serap dari petani sebanyak 10 ton dengan harga beli Rp15 ribu per kilogram. Setengahnya didistribusikan ke Pekan Baru," katanya.

Sementara lima ton yang tersisa juga telah habis didistribusikan pada seluruh gudang Bulog di Sumbar.

"Hari ini kami sudah tugaskan anggota untuk kembali melakukan serapan di Alahan Panjang," ujar dia.

Benhur mengatakan saat ini harga bawang merah di Alahan Panjang memang sedang jatuh hingga Rp11 ribu hingga Rp14 ribu per kilogram karena panen raya sehingga stok di tingkat petani melimpah.

Untuk menghindarkan petani dari ketugian, Bulog Sumbar melakukan serapan terhadap bawang merah petani tersebut. Namun memang tidak semua jenis bawang bisa dibeli Bulog karena ada standar yang harus dipenuhi.

Bawang yang dibeli dari petani itu selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumbar, juga dikirim ke daerah tetangga.

"Harapan kami sebenarnya, bawang merah Alahan Panjang ini bisa memenuhi kebutuhan di Sumatera. Namun, tentu hal itu bertahap," ujar dia.

Saat ini, bawang merah itu baru dikirimkan ke Pekan Baru, Riau. Jika penerimaannya baik selanjutnya bisa dikirimkan ke Jambi, Bengkulu, dan Medan. (*)




Editor : Miko Elfisha

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga