Sabtu, 21 Oktober 2017 - 31 Muharram 1439 H

Pariaman Luncurkan Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman.
Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat akan segera meluncurkan program Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah yang bertujuan untuk meramaikan masjid di daerah itu. "Ini merupakan kegiatan Subuh Mubarokah yang melibatkan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sehingga agenda tersebut dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Kamis.

Forkopimda tersebut terdiri atas jajaran Kepolisian Resor (Polres), TNI, Kementerian Agama (Kemenag) serta ormas Islam dan pemuda yang saling terintegrasi satu dengan lainnya.

"Tiap pihak terkait menyambut baik dan menyetujui kegiatan ini, sehingga dalam waktu dekat akan segera diluncurkan secara resmi," katanya.

Ia menjelaskan ibadah keagamaan pada saat waktu subuh memiliki pahala dan manfaat yang besar bagi seorang muslim.

Sebagai contoh, ujarnya shalat sunat dua rakaat atau sunat fajar memiliki faedah lebih besar dari pada bumi dan langit beserta isinya.

Oleh karena itu pemerintah daerah terus mengajak dan mengimbau pemeluk muslim di daerah itu untuk mendirikan sholat secara berjamaah di masjid.

"Pemerintah hanya mengajak dan mengimbau, namun kembali pada pribadi masing-masing," ujar dia.

Sementara itu Kepala Kemenag setempat, Muhammad Nur, mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mensiarkan agama Islam.

Ia menilai upaya tersebut merupakan bentuk nyata seorang muslim untuk mendekatkan diri pada sang pencipta. Selain bertujuan menunaikan sholat secara berjamaah di mesjid, kegiatan itu juga bertujuan terus menghidupkan budaya gotong royong.

"Setelah melaksanakan sholat, seluruh masyarakat kita ajak bergotong royong membersihkan mesjid, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman" kata dia.

Untuk tahap awal ujar dia, pelaksanaan manunggal subuh indah penuh berkah dilaksanakan satu kali dalam seminggu. (*)



Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga