Senin, 26 Juni 2017 - 2 Syawwal 1438 H

Pelatih Timnas U-16 Sebut Myanmar Lawan Sulit

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, (Antara Sumbar) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Fakhri Husaini menyebut Myanmar merupakan lawan yang sulit meski anak-anak asuhnya menang atas tim muda "The White Angels" dengan skor 4-1 pada laga perdana turnamen "Vietnam International U-15 Football 2017" di Vietnam, Rabu (14/6).

"Kemenangan itu kami dapatkan dengan tidak mudah. Myanmar merepotkan kami dengan cara bermainnya yang militan dan terus menekan terutama pada babak pertama," kata Fakhri, dikutip dari keterangan resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Kamis.

Karena itulah usai babak pertama yang berakhir dengan skor imbang 1-1, di mana Myanmar unggul terlebih dahulu melalui tendangan penalti, Fakhri langsung melakukan pergantian pemain.

Kartika Vedayanto yang dianggap tampil kurang maksimal digantikan oleh M Uchida Sudirman usai jeda.

"Setelah itu kami mulai bisa mengendalikan permainan dan berbalik menekan Myanmar. Gol-gol pun tercipta dari permainan kombinasi dan transisi positif," ujar Fakhri sembari menambahkan bahwa timnas U-16 memohon dukungan dari masyarakat untuk meraih hasil positif di turbamen undangan itu.

Adapun pada laga Indonesia kontra Myanmar, empat gol timnas Indonesia dicetak oleh Rendy Juliansyah (menit ke-40), Brilyan Negieta (55), Andre Oktaviansyah (63) dan Hamsah Lestaluhu (82).

Kemenangan ini menjadi modal yang cukup baik bagi Indonesia di turnamen dengan empat negara peserta ini karena nantinya pemenang ditentukan seberapa baik rekor satu tim dari tiga pertandingan.

Selain Indonesia dan Myanmar, "Vietnam International U-15 Football 2017" juga diikuti tuan rumah Vietnam dan Taiwan.

Selanjutnya, Indonesia berhadapan dengan tuan rumah Vietnam pada Jumat (16/6), pukul 16.00 waktu setempat.

Di laga terakhir, Indonesia akan melawan Taiwan pada Minggu (18/6) pukul 16.00 waktu setempat.

Timnas U-16 Indonesia sendiri, yang para pemainnya berusia maksimal 15 tahun atau paling tua kelahiran 2002, disiapkan untuk berlaga di Kejuaraan AFF U-15 di Thailand, 9-2 Juli 2017, di mana Indonesia bergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Selain AFF, timnas U-16 juga akan bertanding di kualifikasi menuju Piala Asia U-16 2018 pada 16-24 September 2017. Di kompetisi itu, anak-anak asuh Fakhri Husaini menghuni Grup G bersama Laos, Timor Leste, Kepulauan Mariana Utara dan Thailand sebagai tuan rumah. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga