Rabu, 23 Agustus 2017 - 31 Zulqaidah 1438 H

Masjid Jabal Rahmah Kembali Selenggarakan Iktikaf Ramadhan

Iktikaf Ramadhan. (cc)
Padang, (Antara Sumbar) - Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan 1438 Hijriah Masjid Jabal Rahmah Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, Sumatera Barat kembali menyelenggarakan kegiatan iktikaf sebagai salah satu agenda rutin diakhir Ramadhan.

"Iktikaf dilaksanakan setiap hari selama 10 hari terakhir yang diikuti oleh masyarakat umum, pada pelaksanaan perdana Kamis malam (16/6) diikuti sekitar 500 peserta," kata Manajer Masjid Jabal Rahmah, Nur Hasan di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan iktikaf merupakan aktivitas berdiam diri di dalam masjid yang diisi dengan kegiatan berzikir, membaca Al Quran dan ibadah lainnya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

"Biasanya peserta lebih banyak pada malam ganjil seperti malam ke-21, ke-23, ke-27 dan ke-29 Ramadhan karena diyakini pada saat itu peluang malam Lailatul Qadar lebih besar," tambahnya.

Ia memaparkan rangkaian kegiatan Iktikaf akan dimulai setelah shalat Tarawih dengan ceramah, dilanjutkan dengan tadarus Al Quran, Qiyamul Lail atau shalat malam, serta ditutup dengan sahur bersama, lanjutnya.

Setelah mendengarkan ceramah para peserta memilih melakukan aktivitas pribadi membaca Al Quran dan shalat sunah hingga pukul 24.00 WIB.

Kemudian pada pukul 03.00 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan Shalat Tahajud yang dipimpin seorang imam diakhiri dengan Shalat Witir.

Bagi masyarakat yang hendak ikut cukup mempersiapkan perlengkapan pribadi dan untuk sahur sudah disediakan oleh panitia secara gratis dengan syarat telah mendaftar kepada panitia, sebutnya.

Ia mengatakan kapasitas masjid cukup untuk menampung hingga 1.000 jamaah dan panitia juga sudah mempersiapkan sahur sebanyak 500 porsi yang dibiayai dari infak dan donatur.

Iktikaf juga dapat diikuti oleh perempuan karena untuk tempatnya sudah disediakan terpisah di lantai dua sehingga dapat lebih nyaman, ujar dia.

Sementara, Agus salah seorang peserta Iktikaf mengaku sudah rutin melaksanakan Iktikaf di Masjid Jabal Rahmah sejak 2006.

"Selain masjidnya bersih, bacaan imam dalam shalat bagus dan suasananya kondusif," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sejumlah masjid juga menggelar iktikaf di Padang antara lain Masjid Jabal Rahmah komplek Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Jalan Bypass Kilometer 20, Masjid Al Hakim Kompleks AKBP Simpang Tinju, Gunung Pangilun Nanggalo.

Kemudian Masjid Raya Ampang jalan Raya Ampang Alai, Masjid Ar Rahman Komplek SDIT Adzkia jalan Taratak Paneh Kuranji, Mushalla Ar Rahmah Adzkia jalan Taratak, Masjid Jihad Jalan Perak II, Sudirman dan Masjid Agung Nurul Iman Jalan Imam Bonjol. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga