Sabtu, 19 Agustus 2017 - 27 Zulqaidah 1438 H

Wako Mahyeldi Minta Pemuda Jaga Kekompakan Tangkal Disintegrasi

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengimbau pemuda yang ada di daerahnya untuk menjaga kekompakan guna menangkal ancaman disintegrasi atau perpecahan.

"Dengan kompak dan saling mengisi semua tujuan dapat tercapai," katanya menanggapi adanya isu konflik yang terjadi di daerahnya seperti tawuran, di Padang, Sabtu.

Menurutnya dalam menjaga kekompakan tersebut dimulai dengan kegiatan kecil seperti gotong royong di lingkungan organisasi atau tempat tinggal.

Kemudian bisa dilanjutkan melalui kegiatan olahraga seperti bermain sepak bola atau bulutangkis dengan menjaga sportivitas.

Di samping itu, tambahnya melalui kegiatan budaya dan wisata, pemuda bisa memunculkan kreativitasnya untuk meningkatkan kekompakan tersebut.
"Seiring banyaknya interaksi antara satu dengan yang lain akan terbentuk persamaan visi dan misi, inilah yang terus dikembangkan," ujar dia.

Untuk sampai pada persamaan ini, lanjut dia masing-masing pemuda membekali diri dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan rasa empati.

Di samping itu pemuda juga harus menanamkan cinta pada negara dan memperkuat nasionalisme.

"Salah satunya dengan menjaga suasana aman dan kondusif, cinta pada produk sendiri dan bangga pada budaya sendiri," kata dia.

Dia meyakini bila pemuda memiliki sikap tersebut, cita-cita mendapat bonus demografi atau bonus usia produktif di Indonesia pada 2040 dapat tercapai.

Sejauh ini kata dia pihaknya terus mengarahkan pemuda melalui kegiatan bermanfaat seperti pagelaran festival Siti Nurbaya, Dayung Palinggam, pertandingan olahraga. (*)




Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga