Sabtu, 19 Agustus 2017 - 27 Zulqaidah 1438 H

Sekda Pasaman Barat Nilai Pemuda Harus Berperan Dalam Pembangunan

Sekda Pasaman Barat, Manus Handri (tengah) bersama pengurus KNPI saat Rapimda dan Mussa KNPI Pasaman Barat di Gedung Pemkab Pasaman Barat, Sabtu (17/6) (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)
Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Manus Handri mengatakan peran serta pemuda dalam berbagai pembangunan daerah sangat penting dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pasaman Barat merupakan daerah heterogen yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Perpecahan bisa saja terjadi kapanpun. Disini peran pemuda sangat penting," katanya saat membuka Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) dan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Pasaman Barat ke- IV di Gedung Pertemuan Pemkab setempat, Sabtu (17/6).

Ia mengatakan sejarah telah membuktikan. Tidak ada kemerdekaan, setelah 350 tahun Indonesia berjuang tanpa persatuan dalam melawan penjajahan Belanda.

Begitu juga dengan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya tidak akan mampu dicapai dengan mental dan ideologi yang masih terkotak-kotakkan oleh suku dan agama.

"Tugas pemuda ke depan cukup berat. Pasaman Barat dengan segudang potensi harus ikut dikelola oleh pemuda. Pemuda harus memgambil peran dalam hal ini," katanya.

Ia menyebutkan pemuda Pasaman Barat harus tumbuh dan berkembang dengan penuh inovasi dalam berbagai hal. Sebab, orang-orang yang hidupnya enggan untuk berinovasi akan menjadi orang-orang terbelakang dan ditinggalkan.

"Inovasi adalah kunci kemenangan dari setiap kompetisi, semoga melalui Rapimda dan Musda KNPI ini, akan lahir pemuda yang inovatif dan terbaik," harapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Sumbar, Devika Yufiandra mengajak pemuda Pasaman Barat untuk memahami kondisi idiologi bangsa saat ini yang sedang mengalami keterpurukan.

Mengingat banyaknya kasus sosial yang mencerminkan lunturnya pengamalan pancasila dan nilai-nilai kebhinekaan yang terjadi saat ini.

"Persoalan kekinian yang muncul adalah akibat ketidakarifan kita dalam menyaring informasi yang berkembang. Sementara seorang pemuda harus mampu bersikap arif dalam menyikapi segala persoalan sosial," katanya.

Ketua Panitia Rapimda dan Musda KNPI Pasaman Barat, Idenvi Susanto berharap dengan adanya Rapimda dan Musda KNPI, akan lahir regenerasi KNPI Pasaman Barat yang siap menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita mensejahterakan masyarakat.

"Sudah saatnya pemuda berperan dalam pembangunan. Berikan ide dan inovasi yang jelas, terarah dan membangun. Jangan hanya pandai mengkritik tanpa solusi yang jelas," katanya.

Rapimda dan Musda KNPI Pasaman Barat turut dihadiri oleh perwakilan Dandim 0305 Pasaman, Polres Pasaman Barat, sejumlah Ketua OKP, Ormas, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa dan Pengurus Osis se-Pasaman Barat. (*)


Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga