Rabu, 23 Agustus 2017 - 31 Zulqaidah 1438 H

BMKG: Cuaca Sumbar Saat Lebaran Berpotensi Hujan

Ilustrasi - Sumbar berpotensi hujan saat hari raya Idul Fitri. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat (Sumbar) memprakirakan kondisi cuaca di provinsi itu saat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah berpotensi hujan.

"Secara umum cuaca Sumbar dominan panas, namun ada beberapa titik yang berpotensi terjadi hujan," kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Senin.

Dalam waktu satu minggu ke depan ada beberapa daerah yang potensi hujan yakni di Mentawai, Padang, Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Solok, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Tiku.

Meluas ke Sumbar bagian tengah di wilayah Bukitinggi dan Padang Panjang, kemudian potensi hujan di Riau dapat menyebar ke Limapuluh Kota, Sijunjung, dan Dharmasraya.

"Namun dalam kurun satu minggu diprakirakan kejadian hujan tersebut satu atau dua hari dan selebihnya dominan panas," ujarnya.

Untuk itu, katanya berdasarkan analisa sementara pada tanggal 25 Juni 2017 atau hari raya Idul Fitri kondisi cuaca Sumbar berpotensi hujan.

"Namun kita berharap saat lebaran nanti cuaca cerah sehingga aktivitas ibadah tidak terganggu," kata dia.
Ia mengimbau masyarakat yang hendak mudik agar berhati-hati ketika melintas di daerah rawan longsor dan banjir terutama saat hujan.

"Sebaiknya bagi pengendara sepeda motor siap sedia jas hujan," ujarnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengantisipasi dan meminimalisir resiko bencana terutama saat puncak arus mudik. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga