Sabtu, 19 Agustus 2017 - 27 Zulqaidah 1438 H

Polres Pariaman Siagakan 300 Personel Amankan Lebaran

Ilustrasi - Polisi. (Antara)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiagakan 300 personel gabungan untuk mengamankan libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Sebanyak 300 personel gabungan tersebut terdiri dari unsur TNI, Dinas Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran, dan Dinas Perhubungan," kata Kapolres setempat AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan untuk melancarkan arus mudik serta menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pihaknya membentuk dua posko pelayanan yang terletak di Pasar Pariaman Kecamatan Pariaman Tengah dan Pasar Sungai Limau Kabupaten Padangpariaman.

Selain itu, kepolisian setempat juga mendirikan dua posko pengamanan lebaran yang terletak di Pantai Kata dan Pantai Cermin kota itu.

"Empat pos yang kita dirikan tersebut nantinya disiagakan sejumlah anggota polisi membantu para pemudik, wisatawan yang melintasi maupun mengunjungi Kota Pariaman," kata dia.

Pendirian empat posko tersebut ujar dia, difokuskan di tempat keramaian dan objek wisata untuk mewaspadai dan menekan angka kriminalitas.

Ia menjelaskan pada umumnya tingkat kerawanan dan kejahatan kerap terjadi beberapa hari menjelang lebaran.

"Sasaran para pelaku kejahatan dalam hal ini adalah pemudik yang kurang siaga dan lalai, oleh karena itu diminta masyarakat lebih waspada," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, meminta seluruh instansi terkait agar saling bersinergi dalam mengamankan dan menyukseskan operasi Ramadniya 2017.

Ia menjelaskan pelaksanaan operasi Ramadniya 2017, Presiden Republik Indonesia Jokowi menekankan dan meminta perhatian khusus terhadap tiga poin kepada masyarakat dan instansi pemerintah.

Diantaranya menjaga keseimbangan dan kestabilan pangan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan keamanan serta kenyamanan arus mudik maupun balik saat lebaran.

"Tiga poin tersebut menjadi perhatian khusus oleh semua pihak, pemerintah daerah akan mengupayakan semaksimal mungkin pelayanan bagi masyarakat," ujar dia. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga