Sabtu, 19 Agustus 2017 - 27 Zulqaidah 1438 H

209 Personel Polres Tanah Datar Amankan Ramadniya 2017

Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas bersama Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi serta Forkopimda foto bersama usai Apel Pasukan Operasi Ramadhiya 2017 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Senin (19/6). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Tanah Datar, Sumatera Barat, mengerahkan 209 personel dalam Operasi Ramadniya 2017 selama 16 hari, 19 Juni - 4 Juli 2017, untuk mengamankan kegiatan menjelang Idul Fitri maupun sesudahnya serta perantau Pulang Basamo nasional.

"Sandi operasi pengamanan Idul Fitri sebelumnya kita kenal dengan sebutan Ketupat, namun pada tahun ini berubah menjadi Ramadniya, yang berarti Ramadhan dan Hari Raya," kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas usai memimpin apel pasukan gabungan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Senin.

Kapolres menyebutkan personel tambahan yang dilibatkan dalam Operasi Ramadniya ini sebanyak 118 orang yang terdiri dari anggota TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, BPBD dan Pemadam Kebakaran.

"Dalam operasi tersebut personel ditempatkan di empat pos pengamanan dan pelayanan yang berada di lokasi berbeda yakni di Istano Basa Pagaruyung, Pasar Ombilin Rambatan, Lapangan Cindua Mato Batusangkar, dan Pasar Sungai Tarab," kata Kapolres.

Jumlah pos itu bisa bertambah sesuai situasi di lapangan, terutama pada beberapa daerah yang rawan bencana, tempat wisata, dan lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat.

Sementara, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan yang sama mengapresiasi kesiapan seluruh instansi terkait.

"Kita berharap perayaan Idul Fitri di Luhak Nan Tuo dapat berjalan dengan baik dan situasi tetap kondusif, sehingga masyarakat yang merayakan merasa aman dan nyaman," katanya.

Ia mengingatkan masyarakat yang merayakan Hari Lebaran untuk patuh dan tertib saat berada di jalan raya, tempat wisata dan tempat keramaian lainnya.

"Ratusan personel pengamanan yang telah disiapkan, diharapkan bisa memberikan pengamanan maksimal pada masyarakat," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi menyampaikan pihaknya juga fokus menjaga daerah-daerah yang rawan seperti rawan kecelakaan lalu lintas, kemacetan, bencana atau longsor dan jalan-jalan yang rusak. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga