Senin, 21 Agustus 2017 - 29 Zulqaidah 1438 H

Legislator: Bulog Jangan Salurkan Rastra Tidak Layak

(ANTARA FOTO)
Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Supardi meminta Badan Urusan Logistik jangan menyalurkan beras untuk masyarakat prasejahtera (rastra) yang tidak layak konsumsi.

"Bagi mereka yang membutuhkan, rastra merupakan salah satu kebutuhan yang ditunggu-tunggu sehingga tidak nyaman rasanya jika ada yang mendapatkan kualitas tidak layak konsumsi," katanya di Padang, Senin.

Berdasarkan data yang dihimpun, temuan rastra tidak laik konsumsi terjadi pada beberapa daerah pada 2017, di antaranya Pesisir Selatan, Pasaman dan terakhir di Nagari Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Ia menyampaikan temuan rastra tak layak konsumsi tersebut cukup disayangkan karena hal itu akan merugikan dan mengecewakan masyarakat.

"Kasihan kalau beras yang disalurkan itu kualitasnya buruk dan tidak layak untuk dimakan," tambahnya.

Menurutnya Bulog sebagai penyalur rastra harus lebih teliti ketika mengeluarkan beras dari gudang karena beras pasti memiliki tenggat waktu seberapa lama bisa disimpan di gudang.

"Pasti ada tanggal masuknya dan itu harus dicatat, jadi ketika ada penyaluran akan nampak beras mana yang masih bagus untuk dikeluarkan dan mana yang tidak," sebut dia.

"Ini persoalan administratif yang berdampak pada masyarakat," jelasnya.

Kemudian ia meminta pemerintah provinsi juga serius menyikapi hal ini agar kejadian seperti itu tidak berulang-ulang setiap tahun.

"Rastra dengan kualitas buruk sudah menjadi rahasia umum dan terus berulang," tambahnya.

Sementara Kepala Bulog Sumbar, Benhur Ngkaimi sebelumnya mengatakan untuk rastra tidak laik konsumsi itu pihaknya berkomitmen akan mengganti sepenuhnya.

Laporan dari masyarakat menurut dia akan segera ditindaklanjuti. (*)

Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga